Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Stay Slim and Healthy

Kamis, 29 September 2011

Tips Biar Lebih Percaya Diri

Tak ada seorang pun yang lahir dengan bekal percaya diri yang mantap. Sifat ini harus dilatih dan dipupuk terus. Rahasia dari sebuah rasa percaya diri yang tinggi adalah seseorang merasa nyaman dengan segala yang ada di dirinya dan bangga dengan kemampuannya mengatasi segala tantangan dan kesulitan hidup.
 
Lalu bagaimana strategi memupuk rasa percaya diri, berikut tipnya.
Tetapkan target pada bidang kehidupan Anda

Tetapkan target pada karier, kondisi keuangan, hubungan pribadi, dan kondisi spiritualitas Anda. Jangan buat target yang rendah dan sangat mudah dicapai. Buatlah target yang tinggi yang bisa melambungkan rasa percaya diri Anda jika bisa mencapainya. Tulis target tersebut secara spesifik dan tentukan tenggat waktunya.

Lakukan satu langkah kecil

Misalnya, jika Anda menetapkan target ingin naik karier, maka mulailah dengan meningkatkan kemampuan presentasi Anda. Cobalah ambil kursus atau tawarkan diri untuk menjadi moderator dalam rapat.

Jika Anda bisa melakukannya, maka Anda akan merasa lebih nyaman dan lebih baik tentang diri Anda sendiri.

Percaya keyakinan diri

Yakinlah pada kemampuan Anda, bukan pada ketakutan Anda. Jika Anda tak keluar dari rutinitas Anda, maka Anda tak akan pernah punya kesempatan mengasah rasa percaya diri Anda. Rasa takut pasti akan datang di awal, namun hal tersebut wajar dan harus dilawan. Kegagalan mungkin saja akan muncul di awal, namun jika Anda terbiasa membenahi diri, maka halangan apa pun akan bisa Anda atasi. Ini akan memupuk rasa percaya diri Anda.

Cari panutan

Carilah orang yang bisa jadi mentor atau panutan Anda untuk mencapai target ini. Mintalah saran darinya dan pelajarilah caranya menjalani hidup. Dengan banyak bergaul dengannya, maka nilai-nilai positif yang ada pada dirinya bisa membuat Anda lebih maju. Kurangi pula bergaul dengan orang-orang yang berpikiran negatif.

Melawan perasaan negatif

Jika Anda merasa frustrasi, cobalah berbicara dengan teman yang bisa membuat Anda lebih berpikir positif. Coba pula beberapa teknik relaksasi. Selama Anda bisa berpikir positif, selambat apa pun kemajuan Anda, maka Anda akan tetap terus melangkah. Cobalah terus berteman dengan orang-orang yang berpikiran positif dan membaca buku yang bisa meningkatkan semangat dan rasa percaya diri Anda.

0 komentar:

Posting Komentar